06 February 2010

Profile

Categories:

KOPERASI JASA KEUANGAN SYARIAH “MADANI”

PEKALONGAN

BH : NO.155/BH/XIV.18/IX/2009


Sejarah Singkat

Pendirian KJKS MADANI di prakarsai oleh tokoh masyarakat, tokoh agama, Yayasan Al Ummah dan masyarakat Pekalongan yang mencita-citakan terciptanya masyarakat Madani dengan berlandaskan syariah Islam melalui lembaga ekonomi syariah. Bertempat di Komplek Perguruan Ulul Albab Jl. Manunggal Kraton Lor 5-6 Pekalongan berkumpul untuk membentuk suatu lembaga keuangan syariah dengan nama Koperasi Jasa Keuangan Syariah (KJKS) MADANI pada bulan Ramadhan tepatnya tanggal 17 Oktober 2006.

Pendirian ini dilatarbelakangi sebagai bentuk rasa kepedulian terhadap masyarakat sekitar dan upaya peningkatan pembangunan ekonomi melalui usaha koperasi, mengingat koperasi yang bergerak dalam usaha layanan anggota pada khususnya dan memberikan kemaslahatan pada masyarakat dengan menggunakan manajemen usaha bersama dengan menerapkan sistem syariah/bagi hasil, pada prakteknya masih banyak yang belum sesuai dengan aturan syariah Islam. Di dorong oleh keinginan dan niat kuat untuk memberikan alternatif keuangan yang lebih bersih, saling menguntungkan dan bebas dari riba, sampai saat ini MADANI tetap komitmen berada di jalur syariah.

KJKS MADANI Pekalongan mulai beroperasi secara resmi pada 15 Mei 2007 di Jl. Terate No.103 Poncol Pekalongan

Alhamdulillah, perlahan namun pasti langkah yang telah ditempuh KJKS MADANI sudah dapat memberikan secercah harapan manfaat bagi anggota dan dapat diterima oleh masyarakat pada umumnya.Hal ini bisa dilihat dari peningkatan asset dari awal +- 50 juta meningkat menjadi Rp.450 jutaan pada akhir bulan Januari 2008.

Ini dapat berjalan berkat dukungan dari berbagai pihak yang telah berperan aktif dalam mengembangkan KJKS MADANI, baik dari instansi pemerintah terkait, DISPERINDAGKOP (Dinas Perdagangan, Industri dan Koperasi) Kota Pekalongan maupun Instansi swasta lainnya, seperti BNI Syariah Pekalongan, Bank Muamalat Pekalongan dan Yayasan Al-Ummah Pekalongan.


Kelembagaan

Nama Koperasi : Koperasi Jasa Keuangan Syariah “MADANI”

Alamat : Jl. Terate No.103 Poncol Pekalongan

Telepon : 0285-7951717

Kelurahan : Poncol

Kecamatan : Pekalongan Timur

Kota : Pekalongan

Propinsi : Jawa Tengah

Dewan Pengawas

Ketua : H.M. Sholehuddin, MA.

Anggota : 1. H. Asrofi Zubaidi, LC

Anggota : 2. Siswoyo, Ak.

Dewan Pengurus

Ketua : Saptadi Imam Sanotoso, S.Pt

Sekretaris : 1. Mei Setyoningsih, A.Md

Sekretaris : 2. Amiruddin

Bendahara : M. Zaky Mushaffa, SH

Nama Manajer : M. Zaky Mushaffa, SH


Kondisi Usaha Anggota

KJKS Madani merupakan lembaga yang mempunyai kegiatan usaha melayani anggota, dimana sebagian besar berekonomi menengah ke bawah, walaupun ada sebagian kecil yang berekonomi menengah keatas. Pada saat ini KJKS Madani telah mempunyai anggota 1143 orang per 31 Januari 2008. Anggota yang dilayani KJKS Madani saat ini berjumlah 170 orang. Adapun klasifikasi usaha lebih banyak berjalan pada sektor perdagangan.


Ruang Lingkup Usaha KJKS Madani

KJKS MADANI saat ini fokus pada bidang Lembaga Keuangan Mikro Syariah (investasi dan pembiayaan). Pelayanan pembiayaan yang mudah dengan jumlah pembiayaan dan bagi hasilnya dapat disesuaikan dengan kemampuan usaha anggota. Langkah ini merupakan upaya KJKS Madani dalam rangka meningkatkan pelayanan dan membumikan sistem ekonomi syariah kepada anggota masyarakat.

Produk layanan yang dilakukan oleh KJKS MADANI ada 2 yaitu :

Investasi terdiri atas:

  • Simpanan reguler yang sifatnya dapat setor dan ambil sewaktu-waktu
  • Simpanan berjangka yang sifatnya dapat setor sewaktu-waktu namun untuk pengambilan sudah ditetapkan waktunya.

Pembiayaan terdiri atas:

  • Sistem Jual Beli yaitu sistem pengambilan keuntungan dari jual beli barang,dalam hal ini jenis pembiayaannya MURABAHAH.
  • Sistem Bagi hasil yaitu sistem pengambilan keuntungan berdasarkan laba usaha., dalam hal ini jenis pembiayaannya MUSYARAKAH dan MURABAHAH.
  • Sistem Sewa yaitu sistem pengambilan keuntungan berdasarkan pendapatan sewa terhadap barang milik KJKS MADANI, dalam hal ini jenis pembiayaannya IJAROH.

Spread The Love, Share Our Article

Related Posts

No Response to "Profile"

Post a Comment